Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

 Antara P. Belitung dan P. Bangka dipisahkan oleh sebuah selat yaitu Selat Gaspar. Untuk membantu navigasi bagi kapal2 dari dan menuju P. Belitung  sekitarnya, pada tahun 1882 pemerintahan kolonial Belanda membangun sebuah mercusuar pada sebuah pulau yg dinamakan Pulau Lengkuas.
Bangunan mercusuar tersebut tingginya sekitar 50-60 meter, terdiri dari 19 lantai. Disekitar mercusuar tersebut terdapat pula sebuah bangunan seperti bangunan penjara. Konon katanya bangunan mirip penjara tersebut dibuat oleh Belanda untuk memenjarakan para perompak yg sering beroperasi di wilayah selat tersebut.

Pulau Lengkuas sendiri terletak di sebelah utara desa Tanjung Binga – Kabupaten Belitung, luasnya sekitar 1 hektar. Batu2 granite di sekeliling pantai pulau turut mempercantik pemandangan disekitarnya. Belum lagi pantainya yg dangkal dengan terumbu karang yg indah, serta air lautnya yg jernih kebiruan, semakin melengkapi keindahan alam sekitar pulau kecil tersebut. Terlebih dikala musim teduh yg lautnya lebih tenang, yaitu antara bulan Maret – November.

Ahh….jika ada waktu, bolehlah kiranya kita berlibur kesana. Sebuah tempat tujuan wisata yg tak kalah indah jika dibandingkan beberapa pulau kecil di Indonesia lainnya. Swiming or snorkling??…whatever!!!. Yg penting bawa cukup perbekalan bersama kita. Terlebih air, karena tidak banyak air tawar tersedia disana

Mercusuar Pulau Lengkuas, view dari P.Babi
Mercusuar P. Lengkuas – 1913

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s